Roaccutane review



Kali ini aku mau review tentang obat (oral) jerawat terampuh didunia yang udah terkenal banget dikalangan medis.
Juga menjadi pilihan terakhir sebagai terapi pengobatan jerawat apabila pemakaian obat luar tidak mampu menyembuhkan.

This time I want a review of the most effective (oral) acne drug in the world that is already very well known among the medical community. Also a last resort as a treatment for acne if the use of external drugs is not able to cure 

Obat ini  sering dijadikan resep dan rekomendasi para dokter kulit. Akan tetapi karena rare dan banyak efek samping maka sangat sulit menemukan obat ini di Indonesia. Jadi, jangan berharap obat terpajang dijual di apotek terdekat yah ..
This drug is often used as a prescription and recommendations by dermatologists. However, because it is rare and has many side effects, it is very difficult to find this drug in Indonesia. So, don't expect drugs on display to be sold at the nearest pharmacy

Adikku pernah mengalami jerawat akibat pemakaian skincare abal-abal, dengan kondisi kulit yang awalnya sudah memang berminyak dan berjerawat menjadi kian parah. Meski sudah trial & error memakai bermacam cara alami maupun produk OTC (Over The Counter) dan wara-wiri ke dokter kulit namun tetap saja hasilnya nihil.
Sedih lihat kondisi adikku yang semakin depresi, lalu aku cari info di internet mengenai penanganan jerawat yang akhirnya memantapkan pilihan ke Roaccutane.
Puji Tuhan berkat obat ini sekarang kulitnya sembuh total, meski sekarang tidak lagi minum obat ini jerawatnya tidak pernah separah dulu. 
My brother had experienced about acne due because using fake skincare, witch condition of his skin was oily and pimply became increasingly severe. Even though trial and error have used various natural methods and OTC (Over The Counter) products and went to a dermatologist but the results are still zero.

Sad to see the condition of my brother who is increasingly depressed, then I search information on the internet about acne treatment and finally solidifies the choice to Roaccutane. Praise God, thanks to this drug, his skin is now completely healed, although now he is no longer taking this medicine. His acne has never been worse.

Oke, sebelum mengenal Accutane ada baiknya kita memahami kondisi jenis jerawat terlebih dahulu

Para ahli kulit menggolongkan jerawat ke dalam empat tingkatan, dari tingkat I sampai IV. 
Tingkatan tersebut dapat diketahui melalui inspeksi visual terhadap kulit. Ada beberapa kriteria khusus yang digunakan untuk menggolongkan gejala jerawat, yaitu:

Okay, before getting to know Accutane, it's a good idea to understand the condition of the types of acne first. Skin experts classify acne into four levels, from levels I to IV. These levels can be known through visual inspection of the skin. There are several specific criteria used to classify the symptoms of acne, namely:

Jerawat tingkat I, Jerawat Vulgaris (ringan / sedang)
Tingkatan ini merupakan tingkat yang paling ringan. Hanya terdapat beberapa jerawat kecil yang muncul hanya sesekali dan dalam jumlah yang sangat sedikit (satu atau dua). Pada tingkatan ini juga terdapat komedo dan milia, yang kadang-kadang muncul dalam jumlah besar. Tapi tidak terdapat jerawat yang meradang.
Jerawat tingkat I umumnya terjadi pada masa pra remaja, terutama di sekitar hidung dan dahi yang berminyak dan terkontaminasi dengan kotoran. Beberapa orang dewasa juga dapat mengalami jerawat tingkat I. Komedo biasanya terdapat di hidung dan dahi. Sedangkan milia dapat ditemukan di daerah mata dan dagu. Dengan rajin membersihkan wajah maka terhindar dari masalah kulit pada tahap ini.

  Acne level I, Acne Vulgaris (mild / moderate) 
This level is the mildest level. 
There are only a few small pimples that appear only occasionally and in very small amounts (one or two). At this level there are also blackheads and milia, which sometimes appear in large numbers. But there are no inflamed zits. Level I acne generally occurs in preadolescence, especially around the nose and forehead which are oily and contaminated with dirt. Some adults can also experience grade I acne. Blackheads are usually found on the nose and forehead. Whereas milia can be found in the eye and chin areas. By diligently cleaning your face, avoid skin problems at this stage.

Jerawat tingkat II, Jerawat Vulgaris (parah)
Jerawat tingkat II ini dapat digolongkan sebagai jerawat menengah. Akan terdapat komedo dan milia dalam jumlah besar. Pada tingkatan ini juga terdapat papula dan postula dan terdapat sedikit peradangan pada kulit.
Biasanya pada remaja jerawat berkembang dari hidung dan dahi menuju wilayah wajah yang lain. Jerawat juga dapat muncul di dada dan bahu, dan terkadang di punggung (terutama pada penderita pria). Pada wanita dewasa, terutama pada masa menstruasi, jerawat ini juga dapat ditemukan di pipi, dagu, dan rahang.
Jerawat tingkat II  masih dapat dirawat di dengan menggunakan produk perawatan yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, Vitacid, dan sebagainya untuk membasmi bakteri dan mencegah radang. Jerawat tingkat II dapat berkembang menjadi jerawat tingkat III jika tidak dirawat dengan baik dan sering dipencet.

 Acne level II, Acne Vulgaris (severe) 
Acne level II can be classified as intermediate acne. There will be large amounts of blackheads and milia. At this stage there are also papules and postula and there is little inflammation of the skin. Usually in adolescent acne develops from the nose and forehead to other areas of the face. Acne can also appear on the chest and shoulders, and sometimes on the back (especially in male sufferers). In adult women, especially during menstruation, acne can also be found on the cheeks, chin, and jaw. Level II zits can still be treated using treatment products containing salicylic acid, benzoyl peroxide, Vitacid, etc. to eradicate bacteria and prevent inflammation. Acne level II can develop into level III acne if not treated properly and often squeezed.

Jerawat tingkat III, Rosacea
Jerawat pada tingkatan ini tergolong parah. Perbedaan antara jerawat tingkat II dan III adalah jumlah radang yang terjadi. Pada tingkatan ini kulit menjadi lebih merah dan lebih meradang. Papula dan pustula berkembang dalam jumlah yang besar, selain itu juga dapat ditemukan nodula.
Jerawat tingkat III biasanya sudah menjalar hingga ke bagian tubuh lain, seperti leher, dada, bahu, dan punggung bagian atas. Kemungkinan munculnya jaringan parut juga sangat besar, seiring dengan peluang jerjadinya infeksi. Bila tidak diatasi dengan segera, jerawat pada tingkatan III dapat berkembang menjadi jerawat tingkat IV.

 Acne level III, Rosacea 
Acne at this level is classified as severe. 
The difference between acne levels II and III is the amount of inflammation that occurs. At this level the skin becomes redder and more inflamed. Papules and pustules develop in large numbers, but nodules can also be found. Acne III usually spreads to other parts of the body, such as the neck, chest, shoulders, and upper back. The possibility of scarring is also very large, along with the possibility of infection. If not treated immediately, acne on stage III can develop into grade IV acne.

Jerawat tingkat IV, Conglobata dan Fulminans
Ini adalah tingkatan yang paling parah dari jerawat. The godfather of acne.. Jerawat pada tingkatan ini dikenal dengan sebutan nodulocystic atau kistik. Pada kulit akan terdapat papula, pustula, nodul dan juga kista. Jerawat tingkatan ini akan menimbulkan peradangan yang sangat parah dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.
Jerawat tingkatan ini berkembang sangat luas, bukan hanya di wajah, melainkan juga di seluruh punggung, dada, bahu dan lengan. Infeksi yang terjadi sangat dalam dan luas. Hampir semua penderita jerawat tingkat IV mengalami luka parut/bopeng. Bahkan nyeri pada persendian.
Acne level IV, Conglobata and Fulminans 
This is the most severe level of acne. The godfather of acne. Acne at this level is known as nodulocystic or cystic. There will be papules, pustules, nodules and cysts on the skin. This level of acne will cause inflammation that is very severe and cause extreme pain. This level of acne develops very broadly, not only in the face, but also throughout the back, chest, shoulders and arms. Infection that occurs is very deep and extensive. Almost all grade IV acne sufferers have scarring / pockmark. Even pain in the joints

Nah, Roaccutane ini hanya untuk tingkat jerawat 3, dan 4 saja. Kalau hanya jerawat yang ringan maka sangat tidak dianjurkan pakai Roaccutane.
Well, Roaccutane is only for acne levels 3, and 4 only. If it's only mild acne, it's not recommended to use Roaccutane

Roaccutane adalah merk obat khusus jerawat dari perusahaan ROCHE.
Roaccutane atau Accutane (Isotretinoin)  adalah nama dagang obat jerawat minum yang isinya isotretinoin (13-cis-retinoic acid), Vitamin A dosis tinggi. Jadi, ibu hamil atau wanita yang punya program hamil jangan minum ini (stop minum minimal 3 bulan sebelum program hamil). Selengkapnya kamu bisa baca di Accutane: Indications, Side Effects, Warnings.
Atau info lengkapnya harus konsultasi dengan dokter kulit.
Roaccutane is a brand of acne-specific medicine from the company ROCHE. Roaccutane or Accutane (Isotretinoin) is the trade name of a pimple drug that contains isotretinoin (13-cis-retinoic acid), a high dose of Vitamin A. So, pregnant women or women who have a pregnant program do not drink this (stop drinking at least 3 months before the pregnancy program). You can read in full on Accutane: Indications, Side Effects, Warnings. Or complete information should consult with a dermatologist.



Roaccutane memiliki pilihan jumlah miligram yang beragam, di Amerika sendiri banyak yang pakai hingga 40mg. Tapi untuk orang Indonesia jumlah 10mg atau 20mg sudah cukup jika berdasarkan berat badan. 
Seperti yang aku beli adalah keluaran Istanbul (20mg). Kualitas terbaik selain produksi USA. 
Roaccutane has a choice of various milligrams, in America alone many use up to 40 mg. But for Indonesians the amount of 10mg or 20mg is enough if based on body weight. Like what I bought was an Istanbul output (20mg).Best quality besides USA production


Penampakan kotaknya biasa saja seperti obat pada umumnya yang tertera keterangan produk dan masa kadarluarsa pada samping kotak. 
The box looks just like any other drug that has a product description and the expiration date on the side of the box. 



Sedangkan keterangan detail mengenai obat dan efek samping ada pada kertas di dalam kotak dengan tulisan bahasa asing yang aku gak paham.
While detailed information about drugs and side effects are on paper in the box with foreign language writing that I don't understand.



Terdiri dari 3 keping yang masing-masingnya berisi 10softgel.
Tiap softgel nya tampil dengan 2 warna.
Cara konsumsinya cukup 1x sehari, 30menit sebelum sarapan atau tiap malam sebelum tidur.
Consists of 3 pieces, each containing 10 softgel. Each softgel comes with 2 colors. How to consume enough 1x a day, 30 minutes before breakfast or every night before going to bed.


Review:
Pada saat 2 minggu pertama terapi adalah saat-saat purging dimana semua jerawat dan kotoran yang berada dibawah lapisan kulit keluar ke permukaan. kulit tampak lebih kusam, kering dan komedo ada dimana-mana jelek banget

Ketika 4-5 minggu, kulit mulai terasa lebih kencang, semua jerawat kering dan ga ada jerawat baru yang muncul. Akan tetapi komedo dan beruntusan tetap ada walau tidak banyak.

Hasilnya sangat terlihat secara signifikan pada saat konsumsi secara teratur setelah lebih dari 3 bulan. Kulit terasa lebih cerah dan tidak ada jerawat lagi. Hanya tinggal bekasnya saja. 

Karena kondisi kulit yang semakin baik (tapi terasa sangat kering) maka setelah lebih dari 5 bulan dosispun dikurangi menjadi 10mg/hari. Dengan tujuan lepas secara perlahan. Hingga pada bulan ke 8 benar-benar lepas dan tidak pernah minum obat lagi.


During the first 2 weeks of therapy are times of purging where all the pimples and dirt under the skin layer come out to the surface. the skin looks more dull, dry and blackheads everywhere are really ugly. When 4-5 weeks, the skin starts to feel firmer, all the pimples are dry and no new zits appear. But blackheads and stunts still exist even though not much. The results are very significant at regular consumption after more than 3 months. The skin feels brighter and there are no more zits. Only the mark remains. Because the skin condition is getting better (but feels very dry) then after more than 5 months the dose is reduced to 10mg / day. With the aim of releasing slowly. Until the 8th month completely separated and never took medicine again.

▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼

Obat ini meski belum resmi dan legal masuk Indonesia namun sudah rahasia umum bisa didapatkan, dijual diresepkan dan diminum orang Indonesia (impor)..
Cara kerja obat ini memberikan efek yang sangat dramatis. Obat ini benar-benar manjur untuk menurunkan produksi minyak wajah. Bahkan hingga membuat kulit dan selaput lendir kering. Seakan-akan fungsi kelenjar dilumpuhkan secara total. Komedo juga lenyap dan tidak muncul lagi. Kemampuan lainnya adalah sebagai anti radang yang cukup ampuh. Akibat dari gabungan efek di atas maka secara tak langsung obat ini juga menurunkan jumlah bakteri yang ada karena lingkungan mikro ekosistem bakteri rusak. Dalam dosis yang benar dan pengawasan dokter kulit berpengalaman, hasilnya memang benar-benar memuaskan.

This drug, although not yet officially and legally entered Indonesia, is already a public secret that can be obtained, sold prescribed and taken by Indonesians (imported). The way this drug works has a very dramatic effect. This medicine really works to reduce facial oil production. Even to make the skin and mucous membranes dry. As if the function of the gland is totally paralyzed. Blackheads also disappear and do not appear again. Another ability is as a powerful anti-inflammatory. As a result of the combined effects above, this drug also indirectly reduces the number of bacteria that exist due to the damaged bacterial micro-environment. In the correct dosage and supervision of an experienced dermatologist, the results are truly satisfying.

Oiya, ada beberapa pendapat dokter mengatakan bahwa obat ini harus dikonsumsi terus menerus sampai jerawatnya hilang total, atau minimal 8bulan nonstop. Hasil mungkin akan berbeda pada orang lain ada yang mengalami proses breakout yang lebih lama.
There are some opinions from doctors saying that this drug should be consumed continuously until the zits disappear completely, or at least 8 months nonstop. The results may be different for other people who have a longer breakout process.


Note: Aku tidak menyarankan para pembaca untuk memakai obat ini mengingat banyak efek samping dan resiko yang berbeda dengan obat jerawat biasa. Tulisan ini hanya sebagai sharing pengalaman saja. Apabila kamu ingin konsumsi obat ini sebaiknya cari info yang banyak mengenai Accutane Isotretinoin dengan jalan bertanya pada yg berpengalaman, searching di internet, atau lebih afdol-nya konsultasi dengan dokter kulit.

Note: I do not recommend readers to use this drug considering the many side effects and risks that are different from ordinary acne medications. This paper is only for sharing experiences. If you want to consume this drug, you should look for a lot of information about Accutane Isotretinoin by asking the experienced, searching on the internet, or more great by consultation with a dermatologist.








(+) Hasil kelihatan sejak 2minggu konsumsi
(+) Tidak perlu krim atau perawatan kulit khusus. Cukup pakai pembersih wajah saja
(+) Minyak diwajah berkurang drastis
(+) Tidak menyebabkan ketergantungan
(-) Termasuk barang langka di Indonesia, dan mahal harganya diatas 450k
(-) Karena mengurangi minyak, otomatis kelembaban kulit juga menurun. Mata merah, rambut kering dan rentan patah, bibir sangat kering (wajib pakai lip balm), dan  kulit jadi gampang luka. Jangan lupa harus banyak minum air putih
(-) Banyak resiko dan efek samping


Repurchase?
NO! karena sudah sembuh  



Where to buy?
https://linktr.ee/accutaneindonesia










Posting Komentar

194 Komentar

  1. Ini kalo bereni jerawatnya pada muncul lagi gak sih? Jadi kaya ketergantungan gt mas? Apa hilang total? 😮😮

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ketergantungan, tapi kulit harus tetap dirawat agar terhindar dari masalah ^^

      Hapus
  2. saya juga konsumsi roaccutane (isotretionoin)
    well, saran saya nih untuk para cewe, sebaiknya kalau mau konsumsi ini harus dengan resep dokter yaa, jangan asal minum

    karena dokter saya sangat wanti2 saat meresepkan obat satu ini,
    saya ditanya apakah sudah menikah/belum, dalam waktu dekat akan menikah atau tidak

    karena efek obat ini pada wanita salah satunya adalah bisa mematikan janin dalam tubuh
    ingat ya, mematikan janin, bukan berbahaya bagi rahim (bisa bikin rahim kering etc)

    jadi sangat tidak dianjurkan untuk yang sedang hamil atau yg lagi program hamil, atau yang berencana mau hamil,

    kalau soal ampuh atau gak nya, saya akui emang ampuh obat yang satu ini,
    muka saya yang dulunya berjerawat parah, sekarang hampir ga pernah jerawatan lagi.

    oiya, konsumsi obat ini juga harus dibawah pengawasan dokter lho, karena dulu saya pernah di marahi dokter karena obat sudah habis tapi ngeskipp jadwal kontrol.
    ha ha ha

    dan dokter saya juga menyarankan untuk mengurangi dosis setelah jerawat sudah ga tumbuh di wajah saya lagi
    yang awalnya 1 hari 1 kapsul menjadi 1 minggu 3 kapsul

    hehehe
    just share aja ^^
    btw aku konsumsinya yg kapsul warna oranye

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba mau tnya dong, waktu konsumsi itu, pke perawatan skincare acne gk, kyk krim toner dll?

      Hapus
    2. Mba mau tnya dong, waktu konsumsi itu, pke perawatan skincare acne gk, kyk krim toner dll?

      Hapus
  3. Yup! bener banget. ini obat memang harus di pahami sebelum memutuskan untuk konsumsi.

    makasih udah berbagi pengalaman ^^

    BalasHapus
  4. Sepertinya obat keras.. Jadi gak berani konsumsi obat ini walau ingin.. *hhiikkss* selama ini selalu pakai obat luar untuk ngilangin jerawat, belum pernah konsumsi obat karena gak berani ambil resiko efek samping nya.. Thanks for sharing btw..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena kami cowo yah haha jadi ga terlalu aware, sementara cewe emang harus lebih teliti dalam pilah-pilih skincare/medicine...

      makasih udah mampir^^

      Hapus
  5. Mas bro untuk foto afternya, adeknya ada perawatan lain ngga untuk perawatan wajah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada perawatan khusus kok Christina,.. cuma pake sabun pembersih aja yg dijual di supermarket. :)

      Hapus
  6. mas bro tanya dong minum roacuttane di tambah antibiotik lg gak? minumnya setiap hari 1 kapsul atau selang seling sehari minum sehari enggak, full selama delapan bulan ya konsumsinya, saya jg konsumsi ini dari dokter kulit, tp selang seling minumnya, efeknya si blm keliatan masih ada yg kluar jerawatnya.

    Thanks

    BalasHapus
  7. Tanpa obat lain kok. sehari cukup satu aja..
    bulan ke kenam sampai kedelapan minumnya 2-3x sehari.. karena jerawat udah ga ada lagi

    tapi kondisi kulit tiap org kan beda2, dokter kulit biasanya lebih paham ketika melihat kondisi kulit pasien :)

    BalasHapus
  8. di jakarta cari roacuttane di apotik mana ya, sepertinya sulit klo tidak dari dr. kulit.


    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak, mau bantu jawab ya. Bisa dibeli di apotek r*xy, tapi apotekernya akan nanya dg detail biasanya, apakah ada resepnya, apakah tau cara pemakaiannya. Mungkin karena konsumsi obat ini harus dibawah pengawasan dokter kali ya, jd mereka gak boleh sembarangan jual. Saya hari ini beli yg 10mg, tapi dg bawa bungkus obat lama, jd dikasih

      Hapus
    2. iya bener, sebaiknya atas anjuran dokter :)

      Hapus
    3. Di apotik r*xy brp ya harganya?

      Hapus
  9. Salam bro, aq dri Malaysia mau tanya sama bro.. Betul ke ubat nie betul2 berkesan ye? Aq ada masalah jerawat since 18y/o until now im 23y/o.. Skrg aq bru mkn ubat nie 5 hari, for the side effect aq bru mula nk merasa dry lips.. Hurm i dont care with the side effect actully asalkn jerawat hilang.. Berap lama mau nmpak kesan jerawat berkurangan ye bro? Terima kasih..

    BalasHapus
  10. Mas bro, aku minta pin bbm/ no hp nya donk, aku mau tanya dosisnya mas bro,, soalnya aku jg jrwatan kategori sedang menuju parah,, aku skrg konsumsi roaccutane yg 10mg sekali sehari,, bru seminggu konsumsi sih,, invite aku mas bro, tolong ya, butuh sharing dan pengalamannya nih 2a7b6367

    BalasHapus
  11. oiah mau brbagi crta ni. sy konsum roacutane msuk bln ke 2 ,pas 2 mnggu stlah pmakain jrwt sy tmbh bnyk dan ini 1 bln trkhr sbagian ad yg udh mngring dn pecah2,tp msh sk ad yg mncul, krn memang tipe jrwt sy sdah sgt parah,awalny sy mmakai yg 20mg tp skrg mo masuk bln ke 2 sy mnum yg 10 mg krna efek ny rmbt sy rontok parah bahkan smpai ada yg pitak2, ada yg mengalami sprti sy ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Meiliyulian.. kebetulan efek di kita ga ada rontok parah. Hanya rambut terasa kering saja, dan masih bisa diakali dengan memakai serum rambut atau argan oil :)

      Hapus
  12. Hey. Thx infonya. Penasaran dgn obat ini. Dan ternyata kawan instagram yg review. Good job.

    (Okanata)

    BalasHapus
  13. Halo broo, salam kenal

    gw baca juga artikel roaccutane disini http://oiboi-ada.blogspot.co.id/2015/09/roaccutane-review.html

    gw dulu pernah pake roaccutane sebulan plus perawatan dr dokter kulit setempat, hasilnya 1 bulan roaccutane, plus obat oles dll selama 4 bulan, muka ud bersihh banget, sekarang lagi kumat nih jerawat jadi konsumsi lagi

    bdw, invite pin ane ya di 56D368F0, ada yang mau ditanyain soal lama konsumsi nya plus efek ke depannya, cek email juga yah bro hehehehe thanks before

    BalasHapus
  14. bro pemakaian obatnya, dipakai dengan sunblock boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak yg bilang sunblock hukumnya wajib buat yg sering aktifitasan dibawah matahari langsung. meski pun kulit ga bermasalah hrs tetap pakai.
      tapi kalo yg sehari2 di dalam ruangan aku pikir ga perlu, karena ada beberapa jenis sunblock yg teksturnya terlalu oily/rich yg akhirnya menyumbat pori dan menimbulkan masalah baru

      Hapus
  15. Hi ada mau tanya dong, bulan pertama aku dikasi yg 10mg, ini masuk bulan ke2, pas pesan dikasi sama mbaknya yg 20mg, jadi galau mau beli lagi yg dosis 10mg, atau coba yg 20mg ini :( lagi purging parah'nya ini T_T

    BalasHapus
  16. Hi ada mau tanya dong, bulan pertama aku dikasi yg 10mg, ini masuk bulan ke2, pas pesan dikasi sama mbaknya yg 20mg, jadi galau mau beli lagi yg dosis 10mg, atau coba yg 20mg ini :( lagi purging parah'nya ini T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. purging itu keluar jerawatnya lebih parah lagi atau gimana sih, saya kan udh di laser jerawatnya Apa saya nanti masih purging lagi ?

      Hapus
    2. Kalau masalah dosis sebaiknya konsultasi sama dokter kulit aja sist. Dokter biasanya lebih tau. Tmen aku banyak yg konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelom beli obat ini secara online hehe
      soalnya obat ini ga di jual di apotik biasa.

      Hapus
    3. Untuk masalah purging (kondisi kulit semakin memburuk, dimana pengeluaran jerawat dan racun serta kotoran dibawah lapisan kulit yg udah lama terpendam keluar semua) ga setiap orang melewati fase ini.
      yang bikin bingung adalah "ini purging atau gak cocok?" ini sudah pasti dokter kulit yg bisa jawab. kita hanya bisa pakai feeling aja.
      kalo saya sih purging biasanya hanya sebulan, lewat dari itu kulit langsung menjadi lebih baik sebelum purging.
      hope that helps ;)

      Hapus
  17. Oiyaa kalo bekasnya itu bisa ikut hilang juga dengan obat ini soalnya saya ada bekas bekas gitu kaya flek hitam gitu bisa hilang ga yah ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbenernya kulit kita selalu meregenrasi dan melepaskan sel kulit mati (bekas jerawat yg belum dalam) setiap bbrp hari sekali. obat ini sepertinya mempercepat proses tsb.

      Hapus
  18. Okeii trimakasih atas infonya ;)

    BalasHapus
  19. Salam kenal y bro....

    Bentuk roacuttene itu kapsul, tablet atau apa y?

    Warna nya ada brp macam?

    Ada yg wrn pink gak?

    Warna nya di sesuaikan dg dosis nya atau gak?

    Yg bener roacutene atau acutene ya?

    Yg original nya made in singapur or USA?

    BRP harga roacutene/acutene utk 1 dus nya?

    1 dus isi berapa butir y?

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh,, kamu ga baca tulisan diatas ya say? haha...
      semua pertanyaan kamu ada di tulisan ku lho

      mengenai Accutane, Roaccutane, atau Isotretinoin itu sama aja. hanya beda merk dagang.

      yang aku pake adalah Ro-che Accutane dari perusahaan ROCHE:

      "Accutane" was the brand name used in North America for Roche's original branded version of isotretinoin. It was a patented drug (i.e. Roche had a monopoly on making it) until 2002 if I remember correctly.

      "Roaccutane" was the brand name used for the same thing, elsewhere in the English-speaking World.

      "Accutane" was withdrawn from the North American market by F Hoffmann La Roche Inc in 2009 because they weren't making any money from it and thousands of people who had used the drug were lining up to sue them.

      http://www.bloomberg.com/apps/news?pid=newsarchive&sid=a7Oj2q25ZHZ8


      kalau soal warna sih tiap negara biasanya beda2, tergantung pendistribusiannya disana.

      tapi yg aku pake berasal dari ROCHE Istanbul-Turkey

      Original, karena sama persis dgn resep yg dikasih dokter kulit.

      untuk info lengkapnya kamu tanya yg jual aja yah atau dokternya :)

      Hapus
  20. Senang membacanya , karna saya salah satu yang memakai ini tp yg dari india isotretinoin 10mg , saya minum 1x sehari sebelum tidur , dan saya selalu membiasakan minum air mineral 2liter sehari dan buah pepaya , agar effek samping dari obat ini berkurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih udah mampir di blog ini ya bro :)

      Hapus
  21. misi.. mau tanya dong, kamu pake obatnya selama 8 bulan dari resep dokter atau purchase sendiri?
    soalnya aku cuma dikasihnya 1 bulan dari dokter, emang ilang sih jerawatnya tapi balik lagi kan jadi sebel, pengennya kalo bisa yang tuntas sekalian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Piyunika, aku minum obat ini tanpa konsul/resep dari dokter. Hanya bermodalkan info dari internet dan forum/teman saja.

      Hapus
  22. Tq ya mas reviewnya... Jadi ada gambaran...:) Aku baru seminggu ini pake terapi roaccutane yg 10 mg...

    BalasHapus
  23. Ada info dr kulit yg bagus yg bs ksh resep accutane?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dr. Kun Jayanata SPKK(K), Jakarta. Banyak yg bilang bagus

      Hapus
    2. adikku coba ke dr.kun tp antri nya beuh...trs kata nya emg ada perubahan seh dr yg jrwat nya banyak ud berkurang dan di resepin roaccutene dan selama 6 buln

      Hapus
    3. iyaaa Dr.Kun antre jam 6pagi, baru dipanggil jam 8malem haha

      Hapus
    4. yayy jumat akan mulai pengobatan pakai obat ini dari dr.Kun :') :') btw cepet juga ya kamu satu bulan sudah membaik :') i hope ill be 'dat :'''''')

      Hapus
    5. di klinik pramudia spkk di jembatan 5, bagus loh dr nya

      Hapus
  24. Maaf ka , kaka kan gak konsul dulu ke dokter, terus dapet obatnya di apotik mana ? Di apotik bandung ada gak yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku beli online soalnya ga ada di apotik biasa, diatas udah aku sebutin yah dear belinya dimana hehe..

      Hapus
  25. Mas mau nanya,
    kalo mas sendiri menggunakan pembersih wajah apa yaa pada saat pemakaian obatnya??

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai produk yg ada di pasaran. dulu pernah pake cleanser Ovale sebelum cuci muka, pas cuci mukanya pake sabun Kojie san

      Hapus
  26. Sepertinya menarik, mas oiboi ada kontak person gak ? mau tanya lebih lanjut sebelum membeli. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. via email aja bro,, klik pada header blog :)

      Hapus
  27. mas oiboi.. mo nnya ni,,saya juga kebetulan pake ni roaccutane, dgn modal internet tanpa konsul,, sy udah make 2 bulan lebih,,,mo nnya ni perubahan signifikannya mas oiboi pas bulan keberapa ya,, ane udah mo jalan 3 bulan saat ini masih tumbuh terus ni jerawatnya :'(

    BalasHapus
  28. kalau aku dulu, bulan ke 3-4 itu jerawat gese udah kering semua. Tapi komedo dan bruntusan (jerawat kecil2) masih ada.

    Mungkin tiap orang reaksinya beda2 yah, soalnya jenis kulit dan skincare yg di pakai sebelum pake obat ini sangat berpengaruh terhadap detoks/purging>

    BalasHapus
  29. reviewnya mantap bro, saya juga pakai obat ini(dosis 20mg) sudah masuk bulan ke 5..
    Alhamdulillah jerawat sudah hilang walaupun kadang2 masih munncul jerawat kecil sebiji. tapi nggak lama langsung kering

    sekrang kondisi cuma tinggal bekasnya aja dan muka agak sedikit merah,

    mas oiboi juga ngalamin kondisi kayak gini nggak sih ?
    trus sabun cuci mukanya pakai merek apa ?


    BalasHapus
    Balasan
    1. yup! muka agak memerah dan jadi lebih sensitif.

      Aq baca info2 kulit berjerawat tidak cocok dengan pencuci wajah yg mengandung Tea Tree Oil. Jadi aku pilih pembersih wajah yg kandungannya AHA atau SalicylicAcid

      Hapus
    2. Mau nnya dong mas gusti, beli obatnya dimana ya?

      Hapus
    3. mas setau ku yg mengandung tea tree oil bagus buat jerawat. aku skrg pake rangkaian tbs tea tree oil dan emg malah breakout parah sih.apa itu ga cocok?

      Hapus
    4. Dulu aku disarani dokter kulit untuk menghindari Tea Tree oil, dan emang bener rangkaian TeaTree dari TBS sempat buat kulit ku tambah parah.
      Tapi yg namanya skincare mah cocok2an yah, ga cocok dikita mngkin cocok di org lain :)

      Hapus
  30. Halo mas Oiboi..

    Yang mau saya mau tanyakan adalah:

    1. Apa obat roaccutane hanya di peruntukkan bagi yang menderita jerawat parah saja?

    2. Ada teman saya pernah pakai roaccutane tetapi efek sampingnya dada sampai sesak apa mas seperti itu juga?
    3. Lalu awal pemakaian memang langsung dengan dosis 20mg? kapan kita harus menurunkan dosisnya?

    4. Selama 8 bulan mengkonsumsi apakah mas ada pernah kosultasi ke dokter?

    5. Sejauh dr informasi yg mas punya, apa obat ini cocok bagi semua jenis kulit?

    Mohon jawabannya,

    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Olivia,
      Aku sebenarnya sama dgn kamu kok, juga seperti kebanyakan para reader lainnya yang ga punya pengetahuan latar belakang medis, ilmu kedokteran ataupun beautician yg ada di klinik2 kecantikan.
      Jadi, pertanyaan kamu mungkin mirip dgn pertanyaanku selama ini hehe.
      Tapi aku jawab seadanya;

      1) Yup sejauh yg aku tahu obat ini diperuntukan kulit berjerawat yg udah gak mempan dengan perawatan topical biasa
      2) Alhamdulillah aku ga pernah sesak nafas, dan efek2 mengerikan lainnya
      3) Sebagai orang awam, aku mikirnya makin tinggi milligram maka makin cepat sembuhnya hehe. Dan bila dirasa udah baikan aku lngsung berinisiatif menurunkan dosis
      4) Sebelum genap 8bulan konsumsi aku pernah bbrp kali bertanya sama teman yg berprofesi sbg dokter, dan sesama pengguna juga memiliki problem yg sama denganku di forum2 dermatology
      5) Sejauh info yg aku dapet, ini khusus kulit berjerawat/berminyak parah. Klasifikasinya udah dijelawsin di postinganku yah dear^^

      Hapus
    2. Terima kasih ya mas infonya, sangat bermanfaat :)

      Hapus
  31. bro oiboi , takjub juga ngeliat perubahannya ... dari dulu sampe terakhir konsumsi minum yg 20 mg ya ? atau yg 10 mg ?

    BalasHapus
  32. sdh hbis 3 strip dosis 20mg, efeknya bibir saya kering, pecah2, kadang sampai berdarah, perih ketika untuk makan, itu pun saya sdh banyak minum air putih dan sdh mnggunakan lip balm. Tapi memang jerawat sudah berkurang yg jelas ampuh banget dah obat ini untuk jerawat parah tapi y itu efeknya ke bibir gua ampun dah.... Mau tanya untuk mas Oiboi utk mengatasi bibir saya ini gimana ya, hiks :(

    BalasHapus
  33. @Eddy Setiabudi, turun 10mg pas kulit udah mulai membaik. Padahal diatas udah jelas kok ceritanya..

    BalasHapus
  34. @Liana Jisung, ada orang b ilang BEAUTY IS PAIN. hehe karena ga ada pil ajaib tanpa efek samping.
    Oiya buat pelembab bibir sebaiknya pilih yg benar2 basah biar ampuh, kayak Vaseline Petroleum Jelly oke juga. Aku dulu rajin pake Egyptian Magic Cream di bibir, ampuh banget itu walo kayak abis makan gorengan liatnya, tapi malah banyak cewe yg ngira aku sulam bibir karena merahnya lembab haha

    BalasHapus
  35. Mau nanya, harga obatnya brpa yah? Itu obatnya dipesen dulu yg di alamat diatas? Respon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Tita Natania, untuk tanya2 harga atau segala macem ttg cara pembelian silahkan hubungi sellernya yah.. udah aku tulis lengkap alamat sellernya diatas.

      Hapus
  36. mau nanya kak, kmren minum Accutane nya sambil pasang behel ya kak? ada masalah sama gusi/gigi nya gak kak selama minum Accutane + pasang behel? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dulu sempat pakai behel, dan obatnya gak mempengaruhi keadaan gigi atau gusi :)

      Hapus
  37. bro saya menderita kulit berjerawat batu yang dalem trus gede juga berminyak, mulai minum isotretinoin yang 10mg nih sehari sekali, nah emang kerasa sih efek kulit jadi kering, biasanya saya pake face wash hadalabo AHA+ BHA tapi rasanya kering banget, kira-kira alternatif facewash lain apa ya ? trus perlu pake pelembab juga ga ? kira-kira rekomendasi yang cocok apa ya ? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembersih yg mengandung AHA+BHA bagus buat membantu pengelupasan sel kulit mati, tapi pantangannya jgn terlalu sering di bawah sinar matahari.
      Obat ini ga ngaruh kok mau pake skincare merk apapun, IMO ga usah pake pelembab. Karena iklim Indonesia yg tropis sudah sangat membantu kelembababan kulit. Pemakaian pelembab (apalagi salah pilih jenis moisturizer) bisa menyumbat pori dan memicu komedo serta jerawat baru.
      kalo mau kulit lembab yah banyak minum air putih aja :)

      Hapus
    2. boleh tau mas oiboi pembersih aha+bha yg rekomended sekalian beli dmna :)

      Hapus
    3. Aku dulu cuma pake pembersih di supermarket, gonta ganti merk Ponds, Clean & Clear, dll..
      Tapi yg masih dipakai skrg merk KojieSan (Koijic Acid soap) yg Orange beli di Guardian.

      Hapus
  38. Saya juga lagi make isotretinoin yg 10 mg perhari...
    Menurut kamu itu udh cukup gk?
    Berat badanku 57 kg dan jerawat juga gk terlalu parah, tp besar2...

    Ohya beli egypt magic creamnya dimana ya?

    BalasHapus
  39. Mas. Aku cari obatnya roaccutane di apotik roxy kok habis mulu ya..sebel
    Mas belinya dmn lagi??
    Pliss respon soalnya obatnya tinggal 2 x mnum ni huhuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungi seller yg aku tulis diatas yah.. disini bukan tempat jual beli :)

      Hapus
  40. Ini obatnya ada batasan usia gak ? Remaja boleh konsumsi gak ya ?
    Takutnya karna ini jerawat hormon pubertas , kalau udah bebas jerawat malah balik lg jerawatnya karna umur

    BalasHapus
    Balasan
    1. The minimum age for person to start Accutane is greater than 12 years old -> according to the FDA clinical guidelines.

      Hapus
  41. mau tanya kalo untuk cowo yang mau nikah ada ngaruhnya gak ya? misal sama kesuburannya gitu? trus apa bisa dipake buat nyembuhin jerawat batu dan jerawat di punggung serta dada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh yg aku tahu obat ini hanya berpengaruh sama pertumbuhan janin (bukan merusak janin).
      Dokter bilang juga ga ada pengaruh sama tingkat keuburan kok :)
      Justru obat ini uat jerawat yg super parah. semua jenis jerawat, dan semua jerawat dibagian tubuh.

      *sebelum komentar tolong dibaca artikelku sampai habis yaaa... semuanya udah aku jelasin

      Hapus
  42. Mas, aku mau nanya aku kan jerawatan kecil2, trus ada juga yang besar trus ada parut juga di pipi, sepertinya kl dilihat dr foto gak jauh beda ya. Selama pemakaian obat itu ada pemakaian krim lain gak? atau disambi krim lepas atau krim dokter gitu. Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ga pake krim2an, cuma pembersi muka aja :)

      Hapus
  43. Baru banget balik dari dr. Rani. Spkk di kasih resep raccutane, ragu mau konsumsi atau tidak, abis serem juga. Sama dr. Rani di suruh tandatangan surat perjanjian bahwa dia tidak bertanggung jawab atas segala effect samping yg di timbulkan obat tsb di kemudian harinya. Huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang Dr. Rani pake resep Roaccutane juga yah? dulu sih katanya dia ga suka kasih resep itu.., Selain Dr. Kun banyak yg cocok sama Dr. Rani, walaupun pake tahap2 pengelupasan dan jelek selama 6bulanan sebelum akhirnya mulus..
      thx infonya Mitta :)

      Hapus
    2. Ini Rani SpKK yg di Jogja bukan mba mksdnya?

      Hapus
  44. mau nanya dong, jerawat aku kayanya masuk ke jenis II soalnya sedikit meradang terus lumayan bandel juga susah ilangnya kalo pake obat oles atau yg alami gt terus berminyak parah juga, perlu ga aku minum roaccutane soalnya ini radangnya udh lumayan lama dan susah ilangnya:( makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo jerawatnya cuma ada di beberapa tempat aku pikir ga perlu minum obat ini deh ..mgkin sebaiknya disuntik aja sama dokter spkk. kayak di Erha.

      Hapus
  45. gan dulu nentuin pake dosis 20mg berdasarkan apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngira2 aja hehe karena dulu jerawatnya parah jadi pengen yg diatas 20mg tapi ga ada yg jual di Indonesia. Setelah konsul sama sellernya ternyata 20mg udah cukup. Setelah tau betapa mujarabnya Accutane ini jd ngeri juga kalo pilih diatas 20mg

      Hapus
  46. Kak saya udah dua mingguan pake Accutane tapi muka saya kok tetap berminyak yaa apakah itu tanda2 obatnya tidak bekerja pada tubuh sayaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah??!! serius bro?? emang pake Accutane yg berapa miligram?? kalo pake 20mg kayaknya ga mungkin deh 2minggu kulitnya masih minyakan.
      Trus jerawatnya gimana??
      Atau mngkin beda org beda kinerja obatnya kali yah? coba konsul sama dokter kulit deh..

      Hapus
  47. Ka dlm jangka waktu sebulan bekasnya memudar ga ka klo minum yg 20mg? Jerawatnya pd kempes ga ka dlm sebulan? Soalnya bekas jerawat aku merah2 bgt aku jd ga pd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena jerawatku tipe yg parah kemarin sekitar 2-3 bulan baru kering semua jerawatnya.
      kalo urusan bekas jerawat/flek hitam mnrt aku bukan fungsi obat ini deh. Tapi kalo cuma redness emang ilang sih

      Hapus
    2. Redness itu apa ka? Soalnya jerawat aku udh trmsuk golongan ke 3-4 ka, bekasnya pengen aku ilangin jg, aku kira roaccutane bsa bwt ngilangin bekasnya jg

      Hapus
    3. Redness is kemerahan akibat jerawat, aku dulu banyak rednessnya tp sejak minum obat ini aku gak lagi merah2 mukanya bahkan dibawah sinar matahari TANPA sunblock (aku ga pernah pakai sunblock). Tapi sebaiknya konsultasi sama dokter kulit aja sist, lebih afdol :)

      Hapus
    4. Oh iya aku semacam redness gt merahnya tuh meradang ka, gra2 jerawatnya udh infeksi bgt jd kemerahan gt tp ga sampe item, itu kemerahan karna sering aku pencetin nanahnya supaya biar cepet kempes mlah meradang, aku udh cape ka ke dokter mna aj udh pernah kyanya udh ga mempan nyembuhin dr luar, soalnya muka aku oily bgt, mw coba ke dokter kun ribet daftarnya udh gt proses penyembuhannya lma mesti 6bln,aku mw coba minumin roaccutane dl ka nyembuhin dr dalem kyanya lebih ampuh, btw thx ya ka infonya 😁

      Hapus
  48. pnsaran sama obat ini... soalnya jrwatq tipe 3 4an.dah parah..d dr mana2 jg gak ngefek..tp kok takut juga sama efeknya.soalnya aq klo klebian dosis dkit jantung bdbar. jd bgung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsultasi aja sama dokter kulit, sebaiknya sih minum obat ini diawasin oleh dokter hehe

      Hapus
  49. Bro ane lg konsumsi roacc 10 mg..udh 1 bulan..kondisi kulit dlu berminyak bgt parah..skrng emg berkurang bgt minyaknya..tp masih muncul jerawat 1-2 bergantian..apa normalkah itu?bnyak bruntusan jg n dhidung komedo rasanya banyak bgt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku dulu juga bertahap bro, smape 8bulan lho untuk benar2 sembuh dari Cystic Acne (tipe jerawat parah). Setelah 8blan bukan berarti bebas jerawat, minyak, dan komedo, masih ada tapi ga separah dulu dan hal ini adalah NORMAL, Karena kita hidup ga bisa lepas dari pengaruh lingkungan. jadi kulit harus tetap dirawat seumur hidup dengan produk perawatan kulit dan pola hidup yg benar :)

      Hapus
    2. Untuk ngilangin bekas jerawatnya pake apa bro?sebelum konsumsi roacc , pke perawatan dokter kulit kah?

      Hapus
    3. Kalo aku cuma pake sabun wajah Kojic Acid. Produk skincare yg mengandung acid-acid an cepat atasi problem kulit berjerawat (pengelupasan sel kulit mati dan anti acne/sebum/comedo). Ex: Kojic Acid, Butylated hydroxyanisole (BHA), Alpha hydroxy acid (AHA), dll.

      Hapus
  50. Thanks review nya kak..
    Waktu minum ini muka jadi merah banget da mengelupas ga sih? Dulu uda pernah minum tapi ga ada masalah.. sempet stop trs jerawat lmyn parah, akhirnya minum lg yg 10mg tp di dagu lgsg merah banget, perih dan mengelupas. Apakah ini regenerasi kulit atau apa ya? Aku minum yg 10mg 1hari 1x.. apa perlu dikurangi jd 2hari sekali aja ya? Makasih loh kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku diawal2 minum dulu sempat merah dan perih, tapi ga berlangsung lama sih.. kalo merah dan ngelupasnya parah mending konsul sama dokter kulit aja. mngkin miligramnya ketinggian?

      Hapus
  51. Sekarang kulitnya gimana.. Udah gak balik balik oagi ya jerawat? Pori pori wajah juga gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang ga pernahjerawataan parah kayak dulu lagi hehe, bisa di cek post2 terbaruku yah :D

      Hapus
  52. Aku ga pake Isotretinoin. Tapi kalo ga salah Isotretinoin itu generiknya, Roaccutane merk nya.

    BalasHapus
  53. setelah lepas dr rouccutane skrang pake produk perawatan muka ap bro ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka gonta ganti sih hahaha.. pantengin aja postingan2 terbaruku :D

      Hapus
  54. Mau nanya nih kak.. aku juga lagi penggunaan raccoutane 20mg.. sudah berjalan 1bulan setengah.. namun belum perubahan signifikan.. untuk area kening hidung dan area pipi mulus.. namun area pipi dekat telinga muncul lebih kaya bruntusan.. namun yg parah di bagian dagu bawah kiri dan kanan.. dia tuh jerawatnya sakit kalo di oegang meradang gitu.. ga isi nanah ato darah..pokoknya beda kaya jerawat biasa.. menurut kk gimana? Ini efek purging kah atau memang memburuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Roaccutane 20mg buat jerawat parah, menurutku wajar sih baru sebulan jerawat on-off. Karena umumnya 1bulan itu baru kliatan 10-20% aja. Yang penting sabar aja dan selalau konsul sama dokter.
      terus perhatikan juga hal2 yg menghambat penyembuhan jerawat. Misalnya jerawat di rahang/pipi bisa disebabkan bantal guling yg kurang bersih :)

      Hapus
  55. Hi, aku jg sdg minum obat ini, karena ga dapet yg 20mg, aku minum yg 10mg 2butir sekali minum, spy total 20mg sekali minum. Mohon pencerahannya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kurang tau yah kalo nambah miligram dengan cara itu, soalnya kan informasi dari obatnya cukup 1butir aja perhari. Tapi emang banyak org yg pake cara itu sih.. resiko ditanggung sendiri

      Hapus
  56. Mau nanya, sekarang masih konsumsi obatnya g ? terus kalo mau beli dimana ya ? saya cari di apotik2 susah sekali

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak konsumsi lagi, udah aku tulis diatas tempat belinya.
      Diapotik Indonesia ga ada, kalo di Singapura apotiknya udah familiar sama obat ini

      Hapus
  57. Roaccutane nya kl yg botol dgn strip beda gk yh? Soalnya yg botol lbih murah dan jg istanbul jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu aku sih sama aja, selagi merknya ROACCUTANE berarti dari prshaan Roche. Cuman beda cabang aja kali yah :)

      Hapus
  58. Saya juga pemakai obt tsb dari dr kun pemakaian sudah 2bulan,,dan skrg masa purging nya jerawat nanah bermunculan,,nah saya mau tanya saat purging jerawat kamu pencet kluarin nanah nya atau d biarin aja?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu sempat ada yg di pencetin sih, tapi ternyata ga boleh soalnya nanti bekasnya susah ilang atau terjadi dekok pada kulit (bopeng)

      Hapus
  59. Saya udah beli yang 10mg apa boleh saya konsumsinya 2x10mg sebagai ganti
    1x20mg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku kurang tau ya kalo nambah dosis dgn cara gitu, sebaiknya tanya dokter

      Hapus
    2. Haii mas mw tnya skrg kn uda berenti total ya pake obtny. Msih suka kluar jerawat gk 1 atau 2 biji gt

      Hapus
    3. Setelah stop obatnya jerawat masih suka muncul 1-2biji tapi jarang sih. Dan itu NORMAL, malah aneh kalo seumur hidup jadi ga pernah jerawatan lagi hahaha

      Hapus
  60. Kalo udah konsumsi 8bulan dan jerawat udah ga muncul lagi apa boleh langsung distop? atau tetep harus minum dg dikurangi dosis pemakaiannya? kapan sebaiknya harus distop konsumsi obatnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. kalo kamu baca artikelnya pasti tau jawabannya :)

      btw, sebaiknya konsul sama dokter ya.. aku kan ga ngerti sama kondisi kulit orang lain hehe

      Hapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sih ga sampe bopeng, tapi kalo diperhatiin ada bbrp bagian permukaan kulit ada yg ga rata. wajar sih karena jerawat yg parah (cystic, nanah, bruntus) kemaren kan ga mungkin minum obat ini lngsung mulus kayak kulit So Joong Ki :D

      obat ini pada dasarnya hanya mngkondisikan kulit jadi seperti sebelum rusak akibat jerawat.
      Asal tangannya gak rajin keropek/pecahin/ekstraksi kulit ga akan b openg

      Hapus
    2. Sekarang gimana? Uda lama lepas dari isotretinoin jerawat kalo muncul banyak ga? Terus kulit jadi kembali berminyak ga kaya sebelum make?

      Hapus
    3. Jerawat masih ada tapi jarang dan kalopun ada pasti cepet ilang. Kalo minyak sih emang aslinya kulitku berminyak tapi skrg udah jadi kombinasi (minyak di daerah Tzone aja) mngkin karena faktor usia kelenjar minyaknya jd berkurang hehe

      Hapus
  62. ya wajar aja 7pil ga ada perubahan, aku aja mulai hari ke 20 malah nambah parah karena efek pengeluaran racunnya banyak :D

    BalasHapus
  63. mau tanya mas untuk jerawat batu dan meruntus itu pakai obat roaccutane bisa ilang gak ya? dan gimana caranya ngilangin bekas jerawat atau bopeng ? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kamu lihat foto before ku dulu itu jerawatnya lengkap (bruntusan, jerawat batu, nanah, dll) puji Tuhan hilang semua sampai sekarang.
      Kalo bekas jerawat aku pake skincare yg tepat dan cocok aja dikulit, baca donk artikelku yg lain di blog ini :)

      Hapus
  64. hallo mas mau tanya kalo jerawat pasir yg kecil kecil tapi banyak diarea pipi dagu dan jidat kira kira bisa ilang gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Logikanya kalo buat jerawat parah aja bisa, apalagi jerawat pasir yah.. tapi sebaiknya tanyakan dokter kulit aja :)

      Hapus
  65. Hallo ka aku baru coba roaccutanne 20mg.. udah yang ke 3 hari pas minum obatnya langsung terasa kaku di tenggorokan aku.. apakah ini normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaku gimana? apa ada riwayat penyakit kelenjar getah bening? sebaiknya periksa ke dokter yaa

      Hapus
  66. Apakah ada pantangan makan selama minum obat tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya sih ga ada pantangan makanan, cuman karena ini turunan dari Vitamin A jadi kurangin aja makanan yg mengandung banyak Vit.A :)

      Hapus
  67. Saya ke erha baru 1 bulan, selama 1 bulan itu banyak jerawat besar muncul (mungkin purging efek obat erha). Nah, di bulan ke-2 ini saya dikasih resep roaccutane. Kira-kira bakal purging lagi ga ya karena efek roaccutane itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake krim dokter kebanyakan purging sih, aku ga pernah pake perawatan dokter jadi kurang tau. Biasanya dokter bilang purging hanya bbrp hari, padahal kenyataanya banyak tmenku yg pake Erha purgingnya berbulan2 buat lepas dari perawatan disana :)

      Hapus
    2. Ane pokoknya sebulan kemarin parah. Nah, ga tau nih kalo abis pake roaccutane jadinya gimana. Btw, biasanya minum roaccutane pas kapan (pagi/siang/malem) gan? Soalnya kebetulan ane ada obat lain juga (2x1).

      Hapus
    3. Kalo aku dulu minumnya cuma 1butir tiap malam sebelum tidur. Hati2 kalo digabung obat lain, karena ga semua obat bagus diminum bersamaan. Sebaiknya tanyakan dokter :)

      Hapus
    4. Kebetulan obatnya dari erha juga. Kalo liat artikel-artikel di inet, katanya tidak dianjurkan kalau obat tsb diminum bareng roac, efeknya lumayan ngeri. Tapi kata dokternya (barusan saya tanya) ga masalah, dan diminum bareng pas pagi. Masih agak ga yakin sih soalnya ada dua pendapat kontras. Cuma saya coba turutin dokter SpKK saya deh diminum bersamaan. Semoga baik-baik aja. Aamiin. Doain saya cepet sembuh juga gan, hehehe

      Hapus
  68. ka,pernah ga minum yg 10 mg dosisnya,? dan warnanya apa untuk yg 10 mg ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanteku dulu ada yg pake 10mg, dia pake Roche Turkey juga isinya berwarna peach

      Hapus
  69. Ka, dlu kan jerawat sy sempat parah sampe bengkak di bagian pipi trus skarang udah berkurang. Paling yg muncul 1-3 aja itupun muncul nya pd saat mkn nya asal2an alias nggak di jaga. Nah, skarang muncul jerawat di tmpt lain lagi sperti di punggung sma lengan. Itu bagus nya minum yg 10mg atau 20mg?? Makasih

    BalasHapus
  70. Eeeeh, 1 lagi kak. Di bagian leher jg udah mulai ada malah ada 1-2 yg besar2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku jadi kamu sih berani2 aja coba yg 20mg soalnya cowok gak banyak pantangannya hehe, tapi sebaiknya berdasarkan resep dokter sih..

      Hapus
  71. Hy salam kenal ya, aku dlu pernah berobat ke Dr Rani Novian. Trs disuruh minum ini obat sebenarnya ga parah sih jerawat aku cm malas aja y kalau liat ada jerawat di muka walaupun satu our dua. Nah aku minta rocutane krn aku tau dari female daily. Aku beli di blok m squere toko obat rejeki gt deh udah lamaaa bgt soalnya... ini obat emang dahsyat ga sampai sebulan aku ga jerawatan lagi.. sampai bertahun2", aku ga pernah jerawatan Lg walau pun tamu bulanan dtg.. walau pakai cream malam jg ga rutin bolong2" Dn pernah putus , eh pas bulan lalu mgkn krn makanan aku ga dijaga tiap hari makanan lemaaaaaak trs timbul Lg deh jerawat pas PMS sih emang. Nah skrg aku pake Lg tp bukan rocutane , melainkan isotret yg warna merah kecil aku minta and konsul ke Dr Inong di permata Cibubur dikasih lah ini isotret , masih minum sih sampai skrg.. and rajin pakai cream malam and pagi.. kalau ke Dr kun aku ga berani soalnya pakai acara purging2an parah ya katanya ..salam kenal ya semuanya..

    BalasHapus
  72. Tapi aku jg nakal sih jd pasien udah dilarang suntik whitening and konsumsi Collagen and vitamin e eh aku malah tetap kekeuhhhh minum Collagen yg 5000 mg per hari kayak kinohimitsu .. mgkn krn itu jg deh timbul jerawat padahal dlu udah mulusssssss sangat and ga jerawtan sama sekali mau makan apa aja , cm emang kan vitamin e and Collagen itu kalau kata sebagian dokter ga boleh buat kulit jd makin berminyak. Makanya skrg udh stopppppp buat pakai2" vitamin e begitu.. terakhir pas gw suntik dua mggu lalu kambuh Lg cape deh

    BalasHapus
  73. bangg, kalo yg blister sama yang botolan gt sama aja kan yaa.. harganyaa jauh ya bedanya. abang pake yg mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga baca yah?? kan udah jelas diatas aku bahas pake yg box, bukan yg lain

      Hapus
  74. Bang mau tanya.. bopeng2nya ilang ga setelah minum roacutane?

    BalasHapus
  75. Bopeng hanya bisa hilang dengan prosedur khusus dari penanganan dokter ahli seperti mikrodermabrasi.

    Jadi kalo ada produk obat atau skincare yg janji bisa menghilangkan bopeng itu HOAX!

    BalasHapus
  76. Kalau sedang konsumsi obat ini, apa tetap menghindari makanan2 yg bikin alergi atau pemicu jerawat gak kak? Sprt telur atau makanan yg banyak menganduk MSG.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama aku minum obat ini gak ada pantangan apapun sih. Bebas makan apapun hehe.. aku suka telur, susu, dll.
      Tapi kalo emang punya alergi pada makanan tertentu yah harus dihindari dong meski gak minum obat.
      MSG? Pengawet? Walaupun ga minum obat kan tetap berbahaya buat tubuh.
      Tapi selama aku minum obat makan makanan kayak biasa ga masalah. Kebetulan aku ga ada alergi pada makanan atau zat tertentu secara berlebihan sih :)

      Hapus
  77. Olshop jual obat yang kakak cantumin itu trusted kan kak? Ga endorse gitu apa punya kakak sendiri gitu? Hehe soalnya takut aja mahal-mahal malah barang ngga dikirim. Mohon infonya😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua olshop yg aku review di artikel pastinya trust donk 😊

      Hapus
  78. Hi, saya juga disaranin sama dokter kulit buat minum roacutane. Dan saya tipikal muka berminyak, tapi jerawat ga sampai yg merah atau besar" di satu wajah. Paling beberapa aja kaya di bawah dagu sama di jidat, saya dari kmaren liad" review di internet dan banyak yg blg bkin kulit kering sampai rahim juga kering. Sekarang saya galau antara ikutin saran dokter atau tetep seperti ini aja cuman di facial sama peeling stiap 1 bulan sekali (sakit pake banget). Karena takut berdampak sama kesuburan di masa depan. Ditunggu sarannya yaa...

    BalasHapus
  79. Roaccutane ga berdampak pada rahim, janin, kesuburan, menstruasi dan hal2 seperti itu.
    Roaccutane hanya "beresiko" pada bayi dalam kandungan.

    Bukan cuma Roaccutane yg tidak boleh di konsumsi oleh wanita hamil tapi semua kosmetik atau skincare yg mengandung Vitamin A dosis tinggi (Retinol/Retinoid/Retin A,dll)

    Jadi skrg paham kan beda antara bayi dalam kandungan dan rahim :)


    Btw mnrtku ikutin saran dokter aja kalo mau jerawatnya sembuh. Ngapain galau? Kam dokter dibayar buat atasin permasalahan kesehatan pasiennya.. pastinya lebih paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ka mau nanya nih aku udh konsumsi 3minggu dosis 20mg jga, tp malah muncul bruntusan (komedo putih / whitehead) banyak banget semuka deh hhee, apa wajar dlm masa purging, dan apa kk ky gitu jga? Sebenernya ngg terlalu ngeganggu sih krna jerwt yg tdnya besar" dan ngeradang banget sekrng sdh jauh lebih kaleman dri sblm konsumsi obt ini.

      Hapus
  80. @Devriani, 3minggu udah ga ada jerawat gede lagi??
    Coba kamu baca lagi tulisan ku diatas. Aku butuh waktu 3bulan lebih buat purging. Itu masa paling berat dan bikin depresi. Aku kira ga cocok sama obatnya tapi tetep semangat donk pas baca2 review orang luar negeri yg prosesnya juga sama.

    BalasHapus
  81. Halo mas sebelum aku cuma mau kasi sedikit review mengenai pemakaian obat ini...aku juga lagi dalam masa2 yg berat dan mgkn aga stres karna sudah hampir 3 bulan aku pake roaccutane ini tp belum menampakkan hasil. Yg baru keliatan malah bibir yg super kering. Aku pikir di aku ga cocok. Karena memang jerawatku malah jd bruntusan and dibeberapa spot ada jerawat yg meradang . aku kalo ga nemu blog ini mungkin udah berhenti pake obat ini, karena gatau lg apa ini cocok di aku apa ga. Tp once again...sabar sabaar dan sabar. Aku yakin semua akan indah pada waktunya. Makasi ya mas udah mau ngereview ini super lengkap dan mau ngejawab komentar2. Semoga bentar lagi mukaku bersih. Aamiin

    BalasHapus
  82. Di youtube juga banyak kok yg review :)
    Sebaiknya selalu konsultasi dengan dokter yaa

    BalasHapus
  83. Wah masnya balesin komennya sabar bgt yak

    BalasHapus
  84. Dulu aku konsumsi ini selama 5 tahun, saking takutnya kulit jd super kering, aku minum bisa lebih dr 2 liter per hari, sama makan buah, trus pakai skin care yg untuk kulit kering merk hadalabo, pakainya sampe k badan, trus lotionnya yg body butter, pakai lip balm sering2,olive oil sama vitamin rambut. Lumayan mengurangi dehidrasi kulit, tp mata aku tetap kering. Skrang udah berhnti minum, tp kulit aku jd kayak kasar gitu. Kenapa yah? Apa karna nggak konsumsi lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5tahun? Wahh lama banget itu ya.. itu atas saran dokter?

      Aku ga sampai setaun udah bisa lepas sih, kulit gak kasar malah kembali berminyak hehe

      Tapi skrg udah nemuin cara ngerawat kulit yg tepat.
      Rajin exfoliasi, hydrating, sama moisturizing.

      Hapus
  85. mas nanya nih sebelum make nya .. kalau kita bawa buat olahraga gitu masih aman kan ?; gak terlalu kebawa efek samping nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada pengaruh kok. Rajin olahraga kan malah bagus :)

      Hapus
  86. Nice info nih.
    Maaf mau tanya nih, saya udah ± 4 bulan pake Accutane 20mg/hari. Buat ngilangin jerawat Accutane emg ampuh cuman bekas merahnya lama bgt proses nya buat ilang. Mungkin ada saran/rekomendasi buat ngilangin bekas merah2nya
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya sih obat ini khusus sembuhin jerawat aktif aja. Kalo bekas2nya harus dibantu pake perawatan dari luar kalo yah..

      Coba cek2 postingan aku yg lain. Ada banyak review tentang skincare :)

      Hapus
    2. Oiya, obat ini bikin muka jd mulus ya tanpa minyak. Tp 1 Minggu stelah gak pake muka langsung berminyak lg :(

      Hapus


    3. Obat ini kan fungsinya menyembuhkan dan mengeringkan jerawat aktif, caranya menekan produksi kelenjar minyak. Karena itu kuman/bakteri penyebab jerawat ga betah pada kulit kering dan Jerawat jadi cepat sembuh.

      Kenapa kembali berminyak kalau obat di stop?

      Karena obat hanya bekerja saat diminum. Obat ga bisa mengubah tipe kulit manusia yg udah dikasih oleh Tuhan.

      Dan patut di pahami kalau tipe kulit manusia (oily/dry/combination skin) TIDAK DAPAT DIUBAH PAKAI CARA APAPUN, karena udah bawaan lahir :)

      Hapus
    4. Ohiyah.
      Minta sarannya nih, saya jerawatnya udah gak ada, kempes. Udah bisa dibilang mulus gitu. Cuman bekas merahnya itu susah hilang.
      Apa harus tetep konsumsi Accutane atau gimana?

      Hapus
    5. Kalo udah gada jerawat lagi mending di stop aja.
      Pake perawatan dari luar aja :)

      Hapus
  87. Hi, mau tanya. Di waktu lagi minum roaccutane, apa aja ya kak yang tidak boleh di konsumsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku lupa, dulu pas minum di kasih bbrp hal yg harus di lakukan dan dihindari selama terapi obat oleh sellernya hehe

      Secara garis besar sih ga ada pantangan. Paling ga boleh minum obat jerawat lain dan kurangi pemakaian vit.a

      Hapus
  88. gan apakah selama konsumsi ada gangguan ereksi pada kejantanan ?

    BalasHapus
  89. kakak aku dulu pernah perawatan di jakarta, diajak kakakku sih ke dokter I*ong dia pakai isotret juga tapi aku cari di apotek kenapa susah dan beda ya bentuknya. bentuknya kapsul lunak warnanya merah dan kapsulnya rada besar dari roaccutane. atau isotret ada beberapa merk kah kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Accutane atau Isotretinoin kan merknya banyak.
      Aku ga pernah dapet resep di klinik/dokter jadi ga tau ya..
      Tapi banyak temen2 ku yg dikasih obat secara ketengan/wadah bukan asli yg tidak bersegel dari pabrik. Jadi ga tau merknya apa.
      Saran aku sih kalo mau lanjut perawatan dokter ya selalu laporan ttg obat yg kamu minum dan merk apa.

      Tp kalo ga pake dokter2an baiknya beli produk yg bersegel aja.

      Hapus
  90. mau tanya dong itu kulitnya jadi bersih gak

    BalasHapus
  91. Sebaiknya Henry baca artikelnya dulu sebelum bertanya :)

    BalasHapus
  92. cara minumnnya gimana ya? kan ada dua warna tuh ? apa dua obat warna yg beda itu sama aja ?

    BalasHapus
  93. 1 hari 1 butir. Sebaiknya atas saran dokter sih. Dokter bisa menentukan berapa miligran per hari agar jerawatnya cepat sembuh.

    Yg ku review ini merk Roaccutane dari Roche. Mnrtku yg paling bagus sih.

    Kalo merk lain aku ga tau bentuk dan warnanya :)

    BalasHapus
  94. iya .bekasnya jerawatnya hilang gak...kan ada 2 mcam bekas jerawat ada yang kemerahan ada yg itam..itu hilanginya gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bekas yg masih baru bisa memudar, tapi kalo bopeng dan flek yg udah dalam ga bisa kayaknya

      Roaccutane kan fokusnya ke tipe jerawat aktif ya bro. Kalo soal bekas2an udah out of topic :)

      Hapus